Beberapa hari lalu Syiah sedunia protes ketika 1 tokoh Syiah Saudi dieksekusi, tapi tahukah anda setiap tahunnya puluhan dai atau aktifis Sunni dieksekusi oleh pemerintah Syiah Iran?

Dibawah ini adalah nama 27 tahanan Sunni di Penjara Rajai Shahr yang sudah mendapat konfirmasi vonis hukum gantung dari Mahkamah Agung Iran.

Menurut Laporan Kantor Berita Aktifis Hak Asasi Manusia (HRANA), 27 tahanan Sunni ini diduga akan dieksekusi dalam waktu dekat. Tanggal 20 Des 2015, sipir penjara memindahkan dengan paksa 42 tahanan Sunni ke bagian penjara lainnya dan menyisakan ke 27 orang tahanan vonis mati tersebut. Keluarga para tahanan khawatir itu pertanda mereka akan digantung dalam waktu dekat.

Mereka divonis mati dengan beberapa tuduhan palsu dan proses peradilannya pun tidak transparan. Sebagian besar dari mereka ditangkap Dinas Rahasia Iran antara 2009 dan 2010 di Kurdistan dan tidak diizinkan untuk bertemu dengan keluarga mereka.

Salah satu tahanan bernama Barzan Nasrollahzade bahkan berumur dibawah 18 tahun pada saat penangkapan.

Nama ke 27 tahanan Sunni itu sbb:

1)     Kaveh Vaisi

2)     Behrooz Shanazari

3)     Taleb Maleki

4)     Shahram Ahmadi

5)     Kaveh Sharifi

6)     Arash Sharifi

7)     Varia Ghaderi

8)     Kayvan Momenifard

9)     Barzan Nasrollahzadeh

10)  Alem Barmashti

11)  Pouria Mohammadi

12)  Ahmad Nasiri

13)  Idris Nemati

14)  Farzad Honarjoo

15)  Seyyed Shahoo Ibrahimi

16)  Mohammad Yavar Rahimi

17)  Bahman Rahimi

18)  Mokhtar Rahimi

19)  Mohammad Gharibi

20)  Farshid Naseri

21)  Mohammad Kayvan Karimi

22)  Amjad Salehi

23)  Omid Payvand

24)  Ali Mojahedi

25)  Hekmat Sharifi

26)  Amr Abdullahi

27)  Omid Mahmoudi

Di bawah ini adalah isi surat dari mereka yang diselundupkan dari penjara.

Bismillah Arrahman Arrohim

“Ini adalah pesan terbuka dari tahanan Sunni di penjara Rajai Shahr untuk ulama kami yang terhormat, para pembuat keputusan dan mereka yang peduli akan nasib orang Muslim.

Kepada para dai dan penimba ilmu, kepada masyarakat Sunni Iran dan sedunia, kepada orang yang adil dan merdeka:

Setelah eksekusi-eksekusi tidak adil beberapa tahun terakhir, kami kabarkan bahwa rejim Iran berencana untuk mengirim sisa tahanan Sunni yang menunggu hukuman mati di Rajai Shahr (27 orang) ke tempat penggantungan untuk eksekusi masal.

Mereka sudah mengeksekusi 12 pemuda di 2 eksekusi terakhir. Untuk itu dan setelah memohon pertolongan dari Allah, kami meminta masyarakat, termasuk para ulama dan dai, untuk bersatu dan berdiri bersama melawan pemerintah zolim ini untuk mencegah mereka melakukan pembantaian ini.

Wahai Sunni di Iran dan seluruh dunia….
Mereka ini adalah putra-putramu! Mereka secara zolim dibawa ke pembantaian ini, masihkah kalian akan diam? Akankah kalian hanya bicara sedikit, berkata lemah dan berfikir kalian sudah melakukan kewajiban kalian?

Bagaimana perasaanmu jika melihat putramu tergantung di tali di depanmu, sedangkan kamu diam saja? Apakah kamu akan senang? Apakah Sunni tidak mampu mengambil langkah serius untuk menghentikan eksekusi putra-putra mereka? Apakah Sunni tidak mampu pawai, demonstrasi, mengadakan konferensi pers dan melakukan pembangkangan sipil melawan Iran untuk membuat dunia mendengar suara mereka?
Kapan eksekusi tidak adil ke Sunni akan berakhir?
Kapan kebisuan ini akan berakhir?
Tidak bisakah kita mengangkat kepala kita dan memilih kemuliaan dan perlawanan diatas ketundukkan dan kehinaan?
Belumkah Firaun lelah dari membantai anak-anak kita?
Akankah setan-setan masa ini kenyang meminum darah pemuda Sunni?

Wahai Sunni Iran dan seluruh dunia

Berdirilah! Hentikan hal yang memalukan ini!
Sampai kapan kebisuan ini terus terjadi?
Sampai kapan ketakutan dan kehinaan terus terjadi?
Wahai ulama! Wahai Penimba Ilmu! Wahai kaum Muslimin!
Sampai kapan kalian terus meninggalkan amar ma’ruf nahi munkar!
Sampai kapan kalian terus meninggalkan Jihad yang terbaik: sebuah kata yang haq di depan pemimpin tirani?
Wahai kaum Muslimin Iran dan seluruh dunia. Ketahuilah jika engkau memilih diam sekarang, seperti yang kalian lakukan sebelumnya, kalian tidak akan bisa melakukan apapun di masa yang akan datang.

Kalau kalian puas dengan kehinaan dan pembunuhan terhadap putra-putramu, kalian tidak akan bisa membela diri dan keluarga kalian melawan penindasan yang akan datang.
Pemerintah Iran mengejek Sunni dengan melakukan aksi kriminal ini. Berapa banyak ulama, dai dan pemuda yang mereka sudah bunuh sementara kalian memilih untuk diam?

Sekarang mereka menguji kehormatan dan kesatuanmu.
Hari ini adalah hari berusaha, hari bertindak dan membela kehormatanmu. Allah SWT melihat amal dan hatimu, dan pada Hari Pembalasan kalian akan berdiri di hadapanNya.

“Taat dan mengucapkan perkataan yang baik (adalah lebih baik bagi mereka). Apabila telah tetap perintah perang (mereka tidak menyukainya). Tetapi jikalau mereka benar (imannya) terhadap Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.” (Surah Muhammad 21)

Wahai ulama umat, kami adalah putra-putra kalian!
Kami sudah memaafkan kalian ketika kalian gagal menolong kami dan kami tidak mengeluh kepada Allah. Tapi kami tidak akan bisa mencegah anak-anak kami mencekik lehermu dengan tangan kecil mereka di hari Pembalasan, bertanya kepadamu, “Mengapa engkau tidak bisa menolong bapak-bapak kami?!”

Bicara dengan lantang sebelum putra-putra kalian dibawa ke tiang gantung!
Ya Allah, kami sudah menyampaikan pesan ini! Ya Allah Engkaulah saksi kami!
Kami meminta saudara pria dan wanita kami untuk menyebarkan pesan ini di media sosial, situs dan seluruh internet dan media.

Di bawah ini foto 21 orang dari 27 tahanan vonis gantung tersebut

Tahanan Sunni Des 2015

Iklan